Bidang Minat

  • BAKAT DAN MINAT

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menyalurkan bakat dan minatnya melalui sangar-sanggar seni yang ada di Program Studi. Para mahasiswa menyalurkan bakat dan minatnya melalui kegiatan sebagai berikut:

  1. Sanggar paduan suara
  2. Sanggar vocal group
  3. Sanggar tari
  4. Sanggar drama
  5. Sanggar puisi
  6. Sanggar parody
  7. Sanggar dance
  8. Café Sastra

Program Studi juga memiliki komunitas-komunitas kecil untuk menyalurkan minat menulis mahasiswa, yaitu:

  1. Menulis puisi
  2. Menulis cerpen
  3. Publik Speaking
  • PENALARAN

Program Studi juga melakukan kegiatan diskusi ilmiah  baik di tingkat lokal maupun nasional dalam bidang membedah buku karya para dosen, puisi, cerpen ataupun novel karya para mahasiswa.

  • KESEJAHTERAAN MAHASISWA

Program Studi dilengkapi dengan sarana wifi yang memadai untuk digunakan oleh seluruh mahasiswa.

  • KEWIRAUSAHAAN

Program Studi juga  membimbing, mendampingi dan menyiapkan para mahasiswa untuk menjadi wirausahawan di bidang yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan literasi membaca dan menulis. Bentuk konkretnya adalah pembentukan Café Sastra yang bertempat di Program Studi dan Café Sastra Keliling ke sekolah-sekolah yang membutuhkan kehadiran para mahasiswa untuk membina dan melatih keterampilan berbicara dan menulis. Kegiatan di Café Sastra adalah editing skripsi selain menjadi wadah pembinaan kemampuan dan keterampilan menulis ilmiah, juga menjadi pengalaman konkret bagi para mahasiswa agar berjiwa entrepreneur di bidang literasi berbicara dan menulis selain menjadi guru Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kegiatan lainnya di Café Sastra adalah pemajangan sejarah Ejaan Bahasa Indonesia yang sekaligus merupakan perjalanan sejarah Bahasa Indonesia sampai menjadi Bahasa Nasional Indonesia.Kisah dan fakta sejarah disajikan melalui pajangan di dinding, maupun penuturan langsung kepada para pengunjung Café Sastra di era kenormalan baru ketika proses perkuliahan sudah dilaksanakan secara bauran atau blended.

  • JURNAL 

Program Studi saat ini memiliki 3 buah jurnal yaitu  Jurnal Online ber-ISBN dan 1 jurnal Offline yang belum ber-ISBN.

No.Nama JurnalGambar
1LAZUARDI
2Jurnal Offline bernama EXPRESI KATA
3Jurnal online ber-ISBN yakni OPTIMISME

Translate »