Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Prodi PBSI menghasilkan calon guru Bahasa Indonesia yang berkompeten, profesional, berkarakter kuat dan mampu berkompetisi dalam persaingan Nasional dan global dengan kapabilitas keilmuan bidang bahasa, sastra, serta pembelajaran dengan muatan gagasan inovatif, kreatif, dan produktif melalui riset yang adaptif berbasis budaya menuju era revolusi industri 4.0 dan 5.0.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan calon guru bahasa Indonesia, guru bahasa Indonesia bagi penutur asing, penulis karya sastra, peneliti, editor, jurnalis, dan pengelola media (profil lulusan) yang berkualitas dengan wawasan Nasional dan global serta memiliki gagasan yang inovatif dan adaptif dalam bingkai kebudayaan untuk meningkatkan kesadaran pluralis humanis menuju era revolusi industri 4.0 dan 5.0.
  2. Melakukan riset pendidikan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan pembelajaran bidang bahasa dan sastra Indonesia yang inovatif dan adaptif berwawasan Nasional dan global tanpa meninggalkan budaya sebagai salah satu falsafah hidup menuju era revolusi industri 4.0 dan 5.0.
  3. Melakukan upaya peningkatan sumber daya manusia dan pembangunan masyarakat dengan memanfaatkan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya demi perkembangan iptek dalam era revolusi industri 4.0 dan 5.0 yang dicanangkan Pemerintah tanpa melepaskan akar budaya sebagai pembentuk karakter Bangsa.

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang unggul, berkualitas, responsif, berkompeten, profesional, dan berbudaya dalam bidang pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, lulusan dalam bidang penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, dan lulusan dalam bidang pengabdian terhadap masyarakat dalam bidang wirausaha Bahasa dan Sastra Indonesia menuju era revolusi industri 4.0 dan 5.0. 

  1. Menghasilkan calon guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul, berintegritas, berkualitas, responsif, berkompeten, profesional, berbudaya yang dibutuhkan masyarakat dalam bidang pengajaran menuju era revolusi industri 4.0 dan 5.0;
  2. Menghasilkan calon guru Bahasa Indonesia untuk penutur asing dengan kompetensi berdwibahasawanan seimbang menuju era revolusi 4.0 dan 5.0;
  3. Menghasilkan penulis karya sastra yang menguasai dan cakap dalam teori, sejarah, dan kajian sastra sehingga menghasilkan karya sastra yang berkualitas secara Nasional maupun global;
  4. menghasilkan peneliti dalam bidang bahasa, sastra, dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia dengan penguasaan pada bidang bahasa, sastra, serta pengajaran menuju era industri 4.0 dan 5.0;
  5. menghasilkan calon editor yang kompeten dengan penguasaan tata bahasa yang mumpuni;
  6. menghasilkan jurnalis dengan kemampuan jurnalistik yang baik;
  7. menghasilkan pengelola media yang mahir membuat konten dan cakap berkomunikasi di depan publik dalam rangka pengembangan wirausaha bahasa menuju era industri 4.0 dan 5.0.