Visi Misi Tujuan

VISI

Mewujudkan program studi unggulan dan menghasilkan tenaga pendidik serta ahli di bidang literasi bahasa dan sastra Indonesia profesional yang berkompetensi secara nasional dan internasional pada tahun 2025

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu untuk menghasilkan tenaga pendidik dan ahli yang berkualitas dan memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap profesional dan karakter dalam bidang pembelajaran dan penilaian bahasa dan sastra Indonesia sehingga dapat berkompetisi secara nasional dan internasional.
  2. Melaksanakan penelitian pada bidang pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di dalam dan di luar lingkungan pendidikan guna menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat dipublikasi pada jurnal ilmiah baik lokal, nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai solusi terhadap masalah –masalah pada bidang literasi kebahasaan dan kesastraan baik di lingkungan pendidikan maupun di luar lingkungan pendidikan.
  4. Melaksanakan kegiatan kemahasiswaan yang meliputi pembinaan minat dan bakat untuk merespons kebutuhan masyarakat di bidang literasi Bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Melaksanakan sistem managemen program studi secara profesional, efektif, efisien dan transparan.
  6. Melaksanakan jaringan kerja sama institusional dengan para pemangku kepentingan/satuan pendidikan baik pada tingkat pendidikan dasar, menengah dan sederajat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan tenaga ahli yang berkompeten dan profesional dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan tingkat dasar, menengah umum/kejuruan yang mampu berkompetisi pada tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan sarjana yang mampu melakukan penelitian kebahasaan dan kesastraan.
  3. Menghasilkan karya pengabdian untuk melayani kebutuhan masyarakat berkaitan dengan literasi kebahasaan dan kesastraan Indonesia. 
  4. Menghasilkan luaran (guru-non guru) yang berkualitas dan profesional di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Melaksanakan sistem managemen program studi secara profesional, efektif, efisien dan transparan.
  6. Melaksanakan jaringan kerja sama institusional dengan para pemangku kepentingan/satuan pendidikan baik pada tingkat dasar, menengah dan sederajat.

SASARAN

  1. Bidang Pendidikan dan Pembelajaran

Sasaran: Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan tenaga ahli yang berkompeten dan profesional dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada satuan pendidikan tingkat dasar, menengah, umum/kejuruan yang mampu berkompetisi pada tingkat nasional maupun internasional.

  1. Bidang Penelitian

Sasaran: Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang bermutu sehingga menghasilkan Sarjana yang mampu melakukan penelitian pendidikan, kebahasaan, dan kesastraan Indonesia.

  1. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

Sasaran:  Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan sarjana yang dapat membuat karya pengabdian untuk melayani kebutuhan masyarakat berkaitan dengan literasi kebahasaan, dan kesastraan Indonesia.

  1. Bidang Kemahasiswaan

Sasaran:   Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan sarjana (guru dan non-guru) yang berkualitas dan profesional dalam bidang literasi bahasa dan sastra Indonesia.

  1. Bidang Manajemen

Sasaran:  Mewujudkan sistem manajemen dan kelembagaan program studi secara profesional, efektif, efisien, dan transparan

  1. Bidang Kerjasama

Sasaran: Melaksanakan jaringan kerja sama institusional dengan para pemangku kepentingan/satuan pendidikan baik pada tingkat pendidikan dasar, menengah, dan sederajat.

Translate »